Turbofan
Engine
Turbofan
Engine Merupakan mesin - mesin turbin gas untuk menggerakkan pesawat terbang
baik komersial maupun pesawat tempur. Mesin ini sebenarnya adalah sebuah mesin
by-pass dimana sebagian dari udara dipadatkan dan disalurkan ke ruang
pembakaran, sementara sisanya dengan kepadatan rendah disalurkan sekeliling
bagian luar ruang pembakaran. Sekaligus udara tersebut berfungsi untuk
mendinginkan suhu ruang pembakaran.
Udara yang
telah di by-pass kan ini ada yang dicampur dengan udara panas pembakar pada
turbin bagian belakang seperti pada mesin Rolls-Royce Spey yang digunakan pada
pesawat Fokker F-28. Ada pula yang disalurkan dengan pipa-pipa halus ke
atmosfer. Mesin yang menggunakan type ini contohnya adalah mesin RB211 yang
digunakan pada pesawat Boeing B 747 dan GE CF6-80C2 yang digunakan pada pesawat
DC-10 serta P &W JT 9D.
Beberapa
mesin yang menggunakan jenis mesin turbofan adalah Rolls-Royce Tay pada pesawat
Fokker F-100 (yang dijuluki mesin fanjet), mesin Adour Mk871 yang digunakan
pada pesawat tempur type Hawk Mk 100 dan Hawk Mk 200, pesawat tempur Jaguar dan
Mitsubishi F-1 yang digunakan AU Jepang.
Kemudian
mesin high by-pass turbofan yang diterapkan pada mesin CFM56-5C2 yang dipakai
oleh pesawat Airbus A340 dan mesin CFM56-3 yang dipakai pada Boeing B-737 serie
300, 400 dan 500 yang merupakan produk bersama antara GE dengan SNECMA dari
Perancis.
Pada pesawat
militer, mesin turbofan yang diterapkan antara lain adalah mesin TF39-1C yang
dipakai pada pesawat angkut raksasa C-5 Galaxy, kemudian GE F110 yang dipakai
pada F-16, GE F118 yang bertype non-augmented turbofan yang diterapkan pada
pesawat pembom stealth Northrop-Grumman B-2 dan pembom B-1 dengan mesin non
augmented turbofan GE F101.

Komentar
Posting Komentar