Ilyushin Il-96-300
Ilyushin Il-96-300 merupakan sebuah pesawat penumpang sipil berbadan lebar. Pesawat ini didesain oleh Ilyushin, Rusia dan terbang perdana pada
tahun 1992. Dilengkapi dengan 4 (empat) buah mesin turbofan modern tipe
Aviadvigatel PS-90.
Pesawat Il-96-300 adalah pesawat penumpang Rusia dengan
desain baru dengan menambahkan sejumlah teknologi dan mesin yang baru dan
pengembangan dari pesawat Il-86 yang kurang kompetitif.
Pesawat ini dmulai pembuatannya pada pertengahan 1980-an
yang kemudian disusul penerbangan perdananya pada bulan 28 September 1988.
Dibuat dalam dua prototipe yang digunakan sebagai uji di darat yang berada pada
area di mana Il-86 menempuh program sertifikasi 1200 jam . Pesawt Il-96
mendapatkan sertifikasi oleh Rusia pada tanggal 29 Desember 1992. Tahun berikutnya
Il-96-300 masuk operasional di maskapai penerbangan Aeroflot.
Pesawat Il-96-300 dibuat berdasarkan pesawat berbadan lebar
sebelumnya Il-86 namun dilengkapi dengan perlengkapan teknologi baru khususnya
berdasarkan pesawat penumpang berteknologi barat. termasuk tiga kontrol Sistem
fly-by wire, 6 monitor EFIS pada kokpitnya meskipun menggunakan tiga awak,
tidak dua awak penerbang sebagaimana desain pesawat barat, Dibangun dengan
menggunakan konstruksi komposit (termasuk flaps dan lantai dek utama) serta winglet.
Menggunakan mesin turbofans PS-90 yang didesain untuk memenuhi batas kebisingan
Stage 3 yang merupakan standar ICAO (di mana Il-86 tidak memenuhinya sementara
bagian lower deck airstair yang ada pada Il-86 dihapus.
Pesawat Il-96-300 merupakan pesawat Rusia yang dibangun
dengan teknologi barat (termasuk mesin Pratt & Whitney PW-2337 dan sistem
avionik digital Collins) serta merupakan basis dari pesawat Il-96M(varian Il-96
yang menggunakan avionik dan mesin Barat, di mana seri -300 masih menggunakan mesin
dan avionik Rusia) dan Il-96 T (versi kargo Il-96). Il-96 juga memiliki satu
varian lain, Il-96-400, yang memiliki badan (fuselage) berbasis Il-96M/T,
tetapi menggunakan avionik dan mesin Rusia (Aviadvigatel PS-90A1). Ilyushin
Il-96 juga digunakan sebagai pesawat kepresidenan Rusia, di mana 2 pesawat
dioperasikan dalam konfigurasi VIP dan dioperasikan oleh Rossiya Airlines.
Namun, dalam penjualan, model ini, seperti pendahulunya (Il-86) kalah bersaing
dengan pesawat Barat seperti Airbus A330, Airbus A340 dan Boeing 777 sehingga,
pada tanggal 11 Agustus 2009 yang lalu, pemerintah mengumumkan bahwa produksi
pesawat ini akan dihentikan. Namun, sampai saat ini belum ada informasi jelas
perihal penghentian produksi pesawat ini.
Komentar
Posting Komentar